Spesialnya Medan
Ga berasa udah sebulan lebih aku di Medan :( Dan besok mau ga mau harus balik lagi ke
pelukan ibukota terkutuk tercinta. Sedih? Pasti ! males? Banget ! Bisa
sih aku pake bakat ektingku yang masuk di taraf lumayan ini untuk ngebatalin
kepulangan ke Depok, gampaaaaaang, tinggal pura-pura pingsan aja pas di
Bandara, tapi ya gitu resikonya selain aku bakalan tetep nyampe Depok dalam
keadaan diparselin idup-idup sama mama, aku juga beresiko dicoret dari daftar
ahli waris keluarga, owmeeen, apalah artinya kota Medan kalo aku harus tinggal
di kardus ya kan?
Call me lebay ato apalah itu, tapi emang setiap aku pulang
ke Medan pasti selalu berkesan. Setiap sudut kotanya menyenangkan, makanan
enaknya berlimpah, tempat-tempatnya menarik, orang-orangnya lucuk-lucuk menyebalkan,
wahaha. Okelah, aku masih bisa dibilang jajaran mahasiswa yang ga terlalu
jarang-jarang amat pulang lah, setaun sekali paling ngga, setaun ini aja aku
udah dua kali pulang (Januari kemarin pas liburan semester aku pulang, wahaha),
ga kaya temenku tuh ada yang sampe 3 taun ga pulang ke Medan (bukan, namanya
bukan Bang Toyib). Tapi tetep aja setiap pulang ke Medan, hawanya beda, adamnya
sama *apasih ta*, hehehe.
.
Iya, jadi nih ya, pas baru nyampe bandara Polonia aja,
begitu keluar, udah langsung disambut sama bapak-bapak yang semuanya ngedeketin
sambil bilang, “Kak, teksi kak? Mau kemana kak? Sini kak kuantar lah kak”,
wahahaha, aku ga bisa berenti senyum-senyum kalo udah denger logat Medan yang
khas itu lo. Aku ga bisa berhenti senyum dengerin kata-kata “gecor kali kau,
awak dah capek nokohin supaya si kawan tu ga datang kemari”, hahahaha, kekeh !
Aku sampe pernah guling-guling di lantai Cuma gara-gara tweet-tweet temen-temen Medan aku:
Aku sampe pernah guling-guling di lantai Cuma gara-gara tweet-tweet temen-temen Medan aku:
“Cepat sikit ko lap toples-toplesnya tu”, “Kaco kuah tauco
tu nanti pecah santan”, “Beli baju raya nomor satu, kerja sikit ga mau”, HAHAHA
!!
Owmen, dimana lagi kalo bukan di Medan yang bahasanya aneh
bin ajaib. Blame me kalo dengerin ada anak Jakarta atau Jogja yang pake kali,
errrr jangan-jangan dia ga selamat dari program “membatakkan masyarakat dan
memasyarakatkan batak” yang sengaja aku bikin, hahaha, sekarang mereka juga
udah bisa make istilah “mentiko” sama “getek” looo :p
Bahkan hal-hal simple dari Medan aja aku bener-bener suka,
mulai dari udara Medan yang labil yang banyak dikutuk temen-temenku yang
disini; macet-macetnya, pas jaman aku dulu Medan ga semacet ini perasaan, oh
Medanku sudah dewasa ternyata :’) ; mati lampu yang bisa lebih dari 6 jam,
kereta-kereta yang seliweran di jalan tanpa pake helm, oke, kota lain, plis
jangan kaget, Medan belum segitu canggihnya sampe punya kereta di jalanan, ini
bahasa Medannya motor oke? Jadi kalo kota lain punya geng motor, kami punya
lebih mantep, geng kereta ! tut tut gujes gujes, hahaha.
Entahlah, terlalu banyak kenangan di Medan, bahkan sedetail
mungkin aku berusaha gali lagi kenangan itu, aku sarapan Lontong sayur khas
Medan yang enak yang dijual di deket rumah, aku makan nasi goreng langganan
yang juga deket rumah, aku makan mie ayam bornok yang emang udah jadi tempat
nongkrong sejak SMP, aku makan semua makanan-makanan Medan yang dulu pernah aku
cicipin, sekedar untuk mengulang rasa yang sama dan flashback ke beberapa tahun
yang lewat. Aku jalan-jalan ke TK, SD, SMP, SMA ku dulu, perubahan? Pasti
banyak, tapi ketika melihat ke ruangan yang sama, yang aku lihat adalah
putaran-putaran kejadian jaman dulu, aku duduk di sudut mana, spot-spot yang
sering aku datangi, kejadian-kejadian yang terjadi dulu, sekedar duduk di
lintang bujur yang sama dengan posisi lintang bujur beberapa tahun yang lalu,
rasanya seakan-akan punya mesin waktu pribadi :)
Jangan salahkan aku yang terlalu cinta Medan, karena dari
pertama aku bernafas, udara Medan yang menempati paru-paru ini, hehe. Dan
menurutku jadi orang Medan bener-bener banyak untungnya kok (walaupun banyak
yang bilang aku anak Medan abal, karna tidak ada darah Batak yang mengalir di
tubuhku), entah karna udah terbiasa dengan lingkungan yang blak-blakan, berani
dan ceplas-ceplos ala Medan, begitu aku berada di tempat asing rasanya tidak
susah untuk mendapatkan teman, berkenalan dan berkomunikasi dengan orang-orang.
Medan secara tidak langsung membentuk personalityku. Orang Medan juga terkenal
solid, setia kawan dan juga murah hati, contohnya pas aku di Jogja dulu,
laptopku rusak sehingga harus diinstal ulang, petugas toko computer yang
menangani laptopku ramah dan kamipun ngobrol, surprise ! ternyata dia juga
orang Medan ! hahaha, dia bilang “semua datanya abang pindahin ke D (dibaca: ke
de) ya dek, tau kede kan? Kalo mau beli roti di kede”, wahahaha, di Medan
warung itu disebut kede. Dan coba tebak, aku dapet diskon special dari abangnya
cuma karna aku sama-sama orang Medan, makasi Bang ! :)
Dan untuk anak perantauan kaya aku label “Anak Medan”
bener-bener bukan cuma bikin aku ngerasa bangga, tapi juga spesial, dan makin
cinta sama Medan. Kaya lagu “Anak Medan”nya trio Lamtama:
“(Hoooooraaaaaas)….Biar kambing di kampung sendiri,
(Horaaaaaaaaaaaaaas)… tapi banteng di perantauan”
Oke, mungkin aku belum sebanteng itu, tapi setidaknya
sekarang aku udah jadi anoa, hahaha, sangat-sangat merasa bersyukur sekali
karna aku bisa jadi bagian dari Medan walaupun kedua orangtuaku tidak berasal
dari kota yang super duper menarik ini. See you Medan, aku titip kenanganku
disini, jaga baik-baik ya :)


Komentar