Jalan-Jalan ke Monas

Postingan ini agak telat sih karna jalan-jalan ke monasnya udah dari beberapa bulan yang lalu, hehe, tapi baru sempet nulis-nulis disini sekarang, maapkeun.

Jadi gini, boleh percaya boleh engga, walaupun udah tinggal di Jakarta (di Depok sih lebih tepatnya) dan sebelum-sebelumnya udah pernah ke Jakarta juga beberapa kali tapi aku belum pernah yang namanya main ke Monumen Nasional alias Monas. Yep ! landmarknya kota Jakarta.
Udah pernah sih beberapa kali ngajak temen-temen buat nemenin aku kesana tapi ya gitu deh ga jadi-jadi, yang ada aku diketawain.

Nah, iseng-iseng pas weekend, aku dan Sari (temen main yang hobinya sebelas dua belas sama aku) yang belum punya agenda apapun akhirnya memutuskan yuk ke Monas !

Diawali dengan sarapan bubur ayam super pedes di deket kosan doi, weekend getaway kita dimulai.
Tadinya niat banget pengen ngebolang ke Monasnya naik busway, biar lebih berasa perjalanannya, tapi berhubung matahari di Jakarta lagi terang-terangnya dan kita takut meleleh akhirnya kita memutuskan naik taksi, hahaha.

Sampai di Monas dan kita berdua bingung pintu masuknya ada dimana. Aku yang tipikal ga mau repot dan males bercapek-capek ria kalo nyasar kekeuh nyamperin orang-orang di sekitar situ buat nanya pintu masuknya ada dimana. Tapi Sari yang tipikal kalo-ga-nyasar-berarti-bukan-jalan-jalan kekeuh nyari sendiri even mengabaikan papan petunjuk, bzzzzz.

Setelah muter-muter tawaf dan disuit-suitin bapak-bapak iseng di deket situ akhirnya kita nemu juga pintu masuk ke Monas ! Dan disitu aku tiba-tiba norak karna akhirnya bisa liat monas dari dekat, hahaha !

Dari pintu masuk ke Monasnya sendiri agak lumayan jauh. Kalau yang suka challenge atau emang doyan jalan biar sehat bisa jalan kaki, lumayan itung-itung olahraga, tapi kalau mau cepat bisa naik kendaraan semacam odong-odong gitu. Dan ternyata yang mau naik odong-odong ini rame banget, pemirsa, jadilah kita antri.


di dalam (atau di atas?) odong-odong

Sampai di depan Monas, beli tiket dulu buat masuk ke dalam. Bisa pilih, mau ke obornya aja, atau ke cawannya aja, atau dua-duanya. Harga tiket masuknya juga terbagi tiga, harga anak-anak, harga pelajar dan harga umum. Dan pas kita beli tiket masuk untuk umum, bapak yang jualan tiket malah kekeuh kalau kita berdua ini pelajar dan harus beli tiket untuk pelajar, hahaha. Maafkan muka kami yang awet muda ini ya pak ^^

Kita berdua mutusin buat naik ke atas dulu. Dan, voila ! Ternyata antrian yang mau naik ke atas itu panjang banget, hiks.
Setelah 2 jam ngantri sambil berdiri berbagai macam gaya, mulai dari masih semangat sampai udah agak melempem akhirnya kita berhasil juga naik ke atas.



pemandangan dari atas Monas

ngintipnya dari sini nih

pas lagi ngantri, bapak yang dibelakang photobomb ! haha


Puas lihat-lihat pemandangan Jakarta yang berkabut dari atas, kita ke bawah, ke cawannya. Disini ga ada apa-apa. Cuma halaman kosong yang luas dan kita berdua mulai ritual photoshoot ala-ala ledom disini.

pintu keluar ke cawan

bagian dalam cawan

model monas ala-ala

good shoes will take you to good places


Puas foto-foto di cawan (dan memang karna kita udah laper dan capek juga), kita memutuskan untuk cabs dari Monas.
Dan tetep, naik odong-odong sampe ke pintu keluar. Sebelum pulang, foto-foto lagi di halaman Monas, hahaha.


bentar bang, pose dulu. cekrek !

finally ! Monas !

ini hp-nya buat bapak aja, ga ada yang nyariin juga kok

rizta dan teman-teman mengucapkan selamat datang di Monas

pulangnya naik Bis Tingkat Keliling Jakarta

Walaupun panas, antri, capek, lowbat, tapi jalan-jalan ke Monas itu seru !!

Dari Monas naik bis tingkat keliling Jakarta, bisnya gratis dan berhenti di beberapa spot-spot seru kota Jakarta. Kita berdua turun di Sarinah, sholat dulu terus lanjut cari makan.
Berhubung hari ini moodnya lagi pengen nyobain tempat-tempat baru, akhirnya kita googling tempat makan seru di sekitaran Sarinah.
Dari hasil googling, nemu tempat makan yang kelihatannya lucu dan layak buat dicoba, namanya Rumate, lokasinya di jalan Sabang. Kita mutusin buat jalan kaki aja kesana, selain bisa lihat-lihat sepanjang jalan, kita juga pengen menikmati pemandangan kota Jakarta.
Ternyata ada banyak tempat-tempat makan lucu yang belum pernah dicoba di sepanjang jalan Sabang. Next time ya !

Daaan setelah jalan dari ujung sampai hampir ke ujung (hampir nyerah karna jalan Sabang udah hampir habis tapi belum nemu tempatnya, dan tempatnya memang di ujung jalan hahaha) kita nemu Rumate !
Rumate ini restoran punya Pak Bondan "Maknyos", tau kan?
Disini menyediakan menu-menu nasional, mulai dari Nasi Ulam, Ketan Susu, Singkong Goreng sampai Bir Pletok, hihi, lucu yaa. Harganya juga terjangkau.
Aku yang memang lahir dan besarnya bukan di Jakarta, penasaran dengan menu Betawi yang satu ini.
Akhirnya aku pesan Nasi Ulam. Nasi Ulam itu semacam nasi lemak, yang dikasi topping lauk macem-macem, ada irisan telur dadar, suwiran dendeng, bihun, telur bulat, serundeng dan emping. Enak.

Rumate. Lokasi di Jalan Sabang

Sekian review weekend getawaynya. Pankapan aku posting lagi. Bye and happy weekend !

Komentar

Postingan Populer