Ketemu Badak di Ujung Kulon?

Tadinya ga ada niatan buat nulis lagi disini, tapi pas posting liburan di Ujung Kulon kemaren di instagram banyak banget yang responnya positif, mulai dari komenin caption di foto yang katanya informatif sampe ada yang direct message minta cerita perjalanannya untuk ditulis aja, karna katanya gaya tulisan aku yang oke (ehem) dan informatif buat netijen. Baiklaaaaaah. Padahal udah lama banget ga nulis-nulis disini lagi. Sayang juga sih karna udah banyak banget trip yang kelewat buat ditulis detailnya disini, huft. Tapi yasudahlah ga ada kata terlambat kan untuk apapun? Malah mudah-mudahan jadi doa biar next bakalan ngepost banyak tulisan disini yang berarti ada banyak trip yang bakalan dijalanin, aamiin.

Jadi ngetrip ke Ujung Kulon ini dadakan banget, asli ! hahaha. Hari Rabu, Zulmi, salah satu anak kantor nanya long weekend mau kemana? aku jawab ga kemana-mana, lah terus doi nawarin dong mau ikutan ngetrip ga ke Ujung Kulon? Dikasitau harga plus itinerarynya yaudah aku langsung oke-in. Hari Kamis minta izin mama, hari Jumat pulang kantor langsung cuss.

Perjalanan dimulai dari meeting point Plaza Semanggi, naik bis ke Dermaga Sumur, Banten kurang lebih 8 jam. Tiba di Dermaga Sumur pukul 4 pagi, sholat Subuh dulu sambil nunggu kapalnya dateng. Pukul 5, kapal udah dateng. Karna ga ada dermaga, jadi buat naik ke kapal yang mau dipake buat nyebrang ke Pulau Peucang, kita harus naik kapal kecil dulu sampai ke tengah baru deh pindah ke kapal motor ukuran sedang yang ada dek nya. Perjalanan menyeberang ke Pulau Peucang ditempuh dalam waktu 2.5-3 jam.


Pulau Peucang, airnya gaeeeeesssss, bening banget !

Dalam bahasa Sunda, "peucang" artinya kancil. Selain karena di pulau ini ada banyak kancil, dinamakan Pulau Peucang karena terdapat banyak biji-bijian yang jatuh dari pepohonan dan bentuknya seperti mata kancil. Pulau ini aslinya tidak berpenghuni, cuma ada beberapa barak untuk tempat menginap, dapur umum dan bangunan pusat informasi yang dimanfaatkan jika ada trip yang menginap disana. Ada banyak monyet, kancil bahkan babi hutan apalagi di malam hari, semuanya pada keluar dari hutan ! Jadi hati-hati yaa buat yang nyimpen makanan atau lagi makan di luar barak karena binatang-binatang tersebut tidak takut mendekat dengan manusia. Sampai kaget saking banyaknya, hahaha jadi berasa di taman safari. Oiya, disini handphone ga berguna karna ga ada sinyal sama sekali, boro-boro mau update story di IG, untuk sms atau telpon aja ga bisa. Jadi yang mau kesini better kabarin orang rumah sebelumnya jadi biar ga dicariin. Listrik disini juga cuma ada dari pukul 6 sore sampai dengan 6 pagi.

travel mate satu lagi, Mba Rina


kalo ga karna takut gosong udah pengen tiduran aja disini sampe sunset

Kegiatan pertama itu trekking nyari pohon Kiara. Konon katanya pohon Kiara ini adalah saksi bisu dari letusan gunung Krakatau di tahun 1883. Pohon Kiara sendiri sebenernya bukan pohon, tapi tumbuhan parasit yang tumbuh di inangnya, kemudian lama-kelamaan mencekik inangnya sampai mati. Jahat yaa, hiks. Pertumbuhan pohon Kiara sendiri berawal dari kotoran burung yang tidak sengaja memakan bibit Kiara dan kemudian jatuh di atas pohon inang, tumbuhan parasit tersebut lama kelamaan tumbuh besar.


ini dia pohon Kiara, pohon induknya sendiri sudah lama mati

Selesai trekking, lanjut istirahat, sholat, makan kemudian snorkeling ke pulau-pulau kecil sekitar Peucang. Berhubung udah pernah snorkeling di laut daerah timur jadi pas snorkeling disini biasa aja, pemandangan bawah lautnya ga se-awesome laut di Sulawesi, ikan-ikan dan coralnya juga sedikit, dan airnya cenderung keruh.

Terus mana badaknya???? Katanya lagi di Ujung Kulon. Sabar pemirsa, sayangnya kita ga bisa liat badak, karena badak adalah hewan yang sangat pemalu, tinggalnya juga di dalam hutan. Butuh kesabaran super dan waktu yang ga sebentar buat ketemu langsung dengan badak, itu juga belum tentu nemu karena badak cenderung akan menjauh jika tercium bau manusia. Hiks, bye badak, untung udah ketemu di Asian Games kemarin. Sebagai gantinya, kita bisa melihat kawanan banteng dan merak yang ada di Savana Cidaon. Kawanan banteng ini keluar untuk merumput di sore hari. Tapi ini juga mantaunya dari jauh karena mereka sensitif dengan suara. 


kata si Banteng, "hmmmm, masih gue pantau lu" wkwk


nah ini dia racunnya sebelah gue

nunggu sunset di dermaga Cidaon

Seru sih, tapi ya gitu kudu sabar hidup dengan keterbatasan, keterbatasan minuman, makanan, listrik, air, ga bisa princess princess deh pokonya. Yang doyan ngemil mending bawa banyak stock cemilan dari rumah, disini ga ada alfamart, warung aja kaga ada men. Bawa botol minum juga, karna dari tripnya sih cuma nyediain air galon buat isi ulang botol minum.

Aktivitas lain yang paling aku tunggu-tunggu yaitu canoing di Sungai Cigenter, amazonnya Indonesia ceritanya. Katanya sih tempat ngumpul ular sama buaya buat arisan, serem uga. Kalau lagi beruntung malah bisa liat badak yang lagi nyari makan di pinggir sungai, sayangnya pas aku kemarin ga nemu apapun, kudu sedih apa seneng ya? hahaha
Oiya kalau kesini mendingan pake sandal atau nyeker sekalian plus jangan pake jeans (jangan kaya kemaren aku saltum malah jadi repot sendiri), karena pulaunya ga punya dermaga, jadi nanti dari kapal dijemput sama sampan kecil buat ke pinggir pulau, terus nyebur deh jalan sampe ke dalem. Mau naik kanonya nanti juga harus nyebur sungai, pokonya intinya ga ada yang namanya bebas air deh.


berasa di Venezuela, gue jadi abang tukang dayungnya

Alhamdulillah ga nemu yang aneh-aneh, perahu juga ga kebalik keberatan muatan hahaha

Walaupun ga ketemu badak, tapi ketemu orang-orang baru, nambah pengetahuan baru, belajar hal-hal baru tetep aja bikin aku super seneng !
Next trip enaknya kemana ya?


Love,

Rizta

Komentar

Postingan Populer