Tempat Makan Wajib di Jogja

Jadi ceritanya kemarin itu ada temen kantor yang cerita next holiday mau jalan ke Jogja, dan akhirnya bertanyalah ia kepada mantan anak kebelet gaul Jogja ini list tempat makan yang wajib didatengin selama disana.

Sebenernya daftar tempat makan yang aku kasih ini banyak yang baru-baru sih yang belum ada dulu pas jaman masih unyu-unyu jadi anak kuliahan. Kebetulan tahun lalu aku baru dari Jogja juga jadi sedikit banyak masih update lah buat tempat makan kece di Jogja, and here they are, cekidot !

1. Soto Kadipiro
Kalau ini sih anak angkatan lama juga pasti bakalan tau. Soto paling legend di Jogja ini punya banyak cabang. Cobain pesen soto campur (sotonya dicampur nasi dalam satu mangkok). Pakein sambel, lada, jeruk, sama kecap dikit. Makan pake perkedelnya, enaaaaaaaa.

2. Gudeg Bromo
Gudeg ini adanya di trotoar pinggir jalan Gejayan, tempatnya lesehan gitu, bukanya jam 11 malam sampai jam 4 subuh. Pesen nasi gudeg pake ayam suwir sama keripik tempe apa tempe garing ya? pokoknya itu deh, juaraaaaaaa.

3. Gudeg Sagan
Kalau mau makan gudeg tapi ga mau keluar malem-malem banget cobain gudeg yang ini di jalan Sagan. Biasanya kalau malam minggu ada live musicnya juga.

4. Kopi Klotok
Tempat makan ini adanya di daerah Pakem, Kaliurang km 16. Lebih enak kesini pagi-pagi sekitar jam 7an supaya ga rame banget (pagi aja kadang udah ngantri). Nasi plus lauk pauknya enak semua, duh aku bingung, hahaha. Wajib coba kopinya plus pisang goreng, makan di luar sambil liat sawah terus angin sepoi-sepoi, damai !

5. Lotek Colombo
Tempatnya di jalan Sagan juga. Makan siang favorit jaman kuliah dulu. Tapi di jam-jam makan siang biasanya antri biyanget. Jadi ya makan ga bisa lama-lama, abis makan langsung capcus soalnya kasian yang lain masih banyak yang antri. Lotek itu semacam gado-gado atau pecel ya tapi pake ketupat gitu, aduh ini enak banget pokoknya ga boong.

6. Ayam Geprek Bu Rum/Bu Made
Kalau pas jaman aku kuliah dulu yang pertama kali bikin ayam geprek itu ya ayam geprek Bu Rum, tapi gatau sekarang malah yang lebih terkenal itu Bu Made. Nama jalannya lupa pokoknya di daerah Gejayan juga, deket Universitas Sanata Dharma. Bisa atur level pedesnya, biar lebih enak jangan lupa pakai kuah sayur tempe/sayur labunya juga ya.

7. House of Raminten
Jangan yang di Malioboro, keramean, enakan yang deket Gramedia. Lebih sepi. Makanannya enak-enak plus murah. Segala wedang disini wajib coba.

8. RM Jejamuran
Lupa lokasinya dimana, googling aja ya, hahaha. Kalau bisa, makan tengah aja biar bisa nyobain banyak menu. Paling wajib itu apa? Sate jamurnya !

9. Sate Klathak Pak Pong
Tempatnya agak jauh, udah arah mau ke Gunung Kidul sana. Fyi, disini ga ada sapi atau ayam ya, kambing semua. Coba pesen sate sama tengklengnya deh, itu enak, ga bau prengus, jadi yang ga begitu doyan kambing, aman.

10. Bakmi Godog Mbah Gito
Yang ini juga coba googling aja ya lokasinya dimana, hahaha. Kalo lagi lapeeeer banget usahain dateng agak lebih awal karna ngantrinya aja kadang setengah jam sendiri tapi worth it kok, banget. Porsinya ga begitu banyak jadi masih muat kalau makan ini pas abis makan makanan berat yang lain. Tempatnya juga unik, kece gitu, bisa lah foto-foto sambil nungguin mie-nya dateng.

11. Warung Klangenan Yogyakarta
Kalau mau nyobain angkringan jaman now, disini nih. Makanannya macem-macem mulai dari nasi teri sampe sate makaroni. Nanti dikasih bebakarannya sendiri jadi bisa bakar-bakar sendiri. Wajib coba minum susu jahenya, gelasnya nggilani hahaha.

tambahan lagi nih dikit, kalau main ke alun-alun Kidul jangan lupa cobain bakwan kawi sama wedang rondenya.

Mau ngedessert-dessert lucu? ke Tempo Gelato, tempat makan gelato paling endolita se-Jogja. Kalau mau nyusu, cuss langsung aja ke Momomilk.

Duh jadi ngiler kan nulis beginian panjang lebar.
Okelah, happy holiday dan selamat mencoba !

Komentar

Postingan Populer