Time is Running Out, No Need to Take It Slow

 Assalamu'alaikum, 


Hari ini aku mau cerita pengalaman aku Jum'at kemarin. Seperti biasa jam setengah 7 pagi aku berangkat dari rumah ke halte bis Bekasi Barat untuk berangkat ngantor naik bis langganan. Sampai di halte aku buka wa grup untuk tau posisi bis sudah dimana. Ternyata ada chat dari drivernya yang bilang kalau hari ini bis ga bisa berangkat karena bannya bocor. Awalnya Pak Driver optimis bis masih bisa berangkat walaupun agak siang, tapi qadarullah butuh waktu agak lama ternyata untuk diperbaiki. 

Situasi begini sudah pernah terjadi beberapa kali (yang sebelumnya memang ga langsung bilang kalau bis ga jadi diberangkatkan tapi lebih ke dijanjiin berangkat walaupun belum tau jam berapa, hahaha). Sebelum sebelumnya di situasi begini aku pasti lebih memilih setia menunggu dan di detik-detik terakhir baru kocar kacir memutuskan untuk ganti opsi transportasi dan biasanya failed sih karena bis yang ke halte biasanya udah penuh semua, jalanan lebih padat, mau cepet naik gojek malah ga ada yang mau, dan ujung-ujungnya malah jadi double zonk, telat dan boros karna jadinya pilihan terakhir ya cuma naik gocar atau taksi biar cepet.

Nah tapi di hari Jumat kemarin itu, begitu baca chat kalau bis ga jadi berangkat, ga pake ba bi bu aku langsung angkat pantat dari halte, jalan ke mall seberang dimana bis transjabodetabek ngetem. Rute ke kantor naik opsi transportasi yang ini lebih panjang, lebih effort dan lebih mahal memang, tapi this is the best option I have. KRL? No way, thank you very much ! ๐Ÿ˜‚

Biasanya kalo ngadepin situasi begini mood aku auto drop hancur berantakan, tapi anehnya di hari itu aku malah happy, banget. Entahlah karena hari itu hari Jum'at (hari Jum'at gatau kenapa biasanya memang mood aku selalu bagus ๐Ÿ˜‹) atau karna aku udah tau the next step yang harus aku lakukan. Di bis aku chat teman satu team ngabarin kalau aku bakalan nyampe kantor telat hari ini berhubung ga naik bis yang biasanya. Alhamdulillah, jalanan macet memang tapi perjalanan lancar dan nyaman. Jam setengah 8 aku udah nyampe di Komdak, naik tangga terus nyebrang yang lumayan yhaaaa ke Crowne Hotel, terus dari situ lanjut naik gojek.

Guess what? aku nyampe di kantor jam 07.58 WIB. Impressive ga tuh. Aku bahkan nyampe lebih dulu dari temenku yang aku titipin pesan tadi. Dan sempat-sempatnya di waktu yang mepet dan dalam keadaan tercepot-cepot under pressure gitu aku bikin konten perjalanan aku pagi itu, hahaha. Temen-temen kantor yang tau kejadian hari itu pada komen, loh kok lo udah nyampe aja? Surprise surprise, I guess?? hahaha

Di momen itu aku tersadar, ada dua poin penting yang bisa aku ambil hikmahnya:

Pertama,

Afirmasi positif itu PENTING. Seberat dan setidak menyenangkan apapun situasinya, kalau di mindset kita, kita happy dan tetep enjoy menjalaninya, situasi itu bakalan ga berasa berat sama sekali, biasa aja dan alhamdulillah dilancarkan. Semuanya rasanya lancar bahkan plot twistnya, aku bisa nyampe kantor lebih cepat daripada aku naik bis yang biasanya. Enjoy life walaupun under pressure~

Kedua,

Ketika aku tau bahwa aku stuck di situasi pertama, alih-alih tetap setia menunggu sesuatu yang ga pasti, aku langsung bergerak mencari opsi lain dengan satu tujuan, KANTOR. Aku yang biasanya pasti setia nungguin bis, walaupun belum tau itu bis bakal dateng jam berapa, jadi berangkat atau engga. Simply karena aku mikir, "ah, naik yang lain lebih repot, aku males naik turun tangga, aku males jalan ke seberang, boros ah, naik gojek lagi dari situ, tunggu aja, paling juga ga lama, naik itu toh sama-sama telat ini, at least naik bis aku diturunin depan kantor".

Gitu terus mikirnya sampe pas udah injury time baru aku sadar harus berangkat ke kantor tapi waktu udah mepet, harus cari cara cepat, dan sekalinya aku bergerak, semuanya udah terlambat. Gojek ga ada yang mau karna jalanan udah macet, bis-bis sudah penuh semua kecuali aku mau nunggu lagi tapi dengan konsekuensi nunggu lagi sampai bis penuh baru jalan, gocar dan taksi pasti mahal argonya karna jalanan pasti udah macet banget, stuck.

Tapi kali ini, aku yang sadar situasi pertama sudah tidak bisa dilanjutkan, langsung bergerak ke plan B mencari opsi lain, dijalani, dan tada, I reached my destination, in time ๐Ÿ˜Š


Dari hikmah di poin ke-dua, aku rasa ini relate dengan suatu hubungan, dimana biasanya ketika aku sudah terbiasa dengan satu orang, nyaman di hubungan tersebut tapi suatu saat ketika aku menemukan fakta bahwa kita tidak bisa lanjut lagi dikarenakan satu dan lain hal, the old me PASTI memilih untuk bertahan, menunggu, walaupun aku tau endingnya tuh ga ada dan aku ga bakalan bisa sampai ke tujuan aka menikah gengs (hahaha bucin sih boleh tapi ga jadi bodoh juga Riztaaaaaa). And now I can proudly say, no moreeeee. Dengan pengalaman hari Jum'at kemaren cukup untuk ngebuka mata, hati, telinga aku untuk get up, stand up and move forward. 

Aku berjanji dengan diriku sendiri (pinky promise yaa dear self, kita pasti bisa hehe) for next onwards, ketika aku TAHU DAN SADAR BETUL kalau kita tidak bisa melanjutkan hubungan ini, aku akan memilih untuk pergi (dengan baik-baik tentunya) dan memulai lagi langkah baru entah nanti dengan siapapun itu sebagai opsi lain mencapai tujuanku, MENIKAH, insya Allah.

Aku sadar pasti sulit memulai semua-muanya dari awal lagi, ada waktu yang terbuang, ada effort lebih yang harus dikeluarkan, but who knows, who knows if those all hardships bring you to your destination, and even better you can reach your destination in time ๐Ÿ’—


I pray for all of us can reach our destination at the best time through best way and best journey.


Love,

Rizta

Komentar

Postingan Populer